Jumat, 05 Agustus 2011

Sofyan juga Anggota RIMBA


MTsN 1 Bandarlampung Juara LCC
Profil : SOFYAN adalah Ketua Regu Putra Gerakan Pramuka Raden Imba Kesuma "RIMBA"

TERPILIHNYA Kota Bandarlampung sebagai juara umum lomba cerdas cermat (LCC) madrasah tingkat Provinsi Lampung, 23 November 2010, karena MTsN dan MAN yang mewakili kota ini keluar menjadi juara pertama.

Untuk madrasah tsanawiyah, LCC diwakili MTsN 1 Bandarlampung yang sebelumnya telah mengikuti tahap seleksi di tingkat kota. Salah satu siswa yang tergabung dalam tim LCC tersebut adalah M. Shofyan Nawawi, siswa kelas IX.

Shofyan bersama dua rekannya, Anggi Anggrama Yeni dan Gita Purnama Sari, saat itu berhasil menyingkirkan sebelas regu dari MTs se-Lampung. Menurut Wakil Kepala MTsN 1 Bandarlampung Drs. Thori Mukti, Shofyan merupakan salah satu siswa terbaik di madrasah itu sehingga terpilih untuk bergabung dalam tim LCC.

’’Shofyan sudah sering menjadi juara umum dan dia berbakat dalam dua pelajaran, yakni bahasa Inggris dan Arab,’’ ujarnya, kemarin di Ruang Tata Usaha (TU) madrasah setempat.

Sedangkan Shofyan mengatakan, bakatnya tersebut mulai terasah ketika dia bersekolah di MTsN 1 Bandarlampung. ’’Saya tinggal di asrama. Semua siswa yang tinggal di asrama ditekankan untuk bisa bahasa Arab dan Inggris,’’ kata siswa kelahiran Sidomulyo, 10 Juni 1996, yang merupakan putra pasangan Tawakal dan Sumiati tersebut.

Setiap selesai salat Subuh, lanjut Shofyan, ustad mengajarinya bahasa Arab dan Inggris guna menambah pembendaharaan kata serta meningkatkan penguasaan grammar lain.

’’Bada Subuh adalah waktu yang paling tepat untuk belajar. Di saat itu, otak masih fresh,’’ kata Kepala TU MTsN 1 Bandarlampung Indrajaya. Dengan metode belajar seperti itu, lanjut Indrajaya, Shofyan dan siswa lainnya bisa cepat menyerap materi yang disampaikan.

Tak hanya itu. Shofyan pun berprestasi di bidang olahraga dan Pramuka. Pada 13 Maret 2010, Shofyan berhasil menyabet juara II lomba perorangan atletik untuk cabang lompat jauh tingkat SMP sederajat se-Bandarlampung. Juga mendapatkan juara pertama lomba ketangkasan Pramuka penggalang putra se-Bandarlampung pada HUT SMAN 7 Bandarlampung, November.

’’Shofyan aktif di dua ekstrakurikuler, salah satunya Di Pramuka. Dalam mengikuti keduanya, ia tak tanggung-tanggung. Dia bisa menorehkan prestasi selain di bidang akademik,’’ ujar Pembina OSIS Sri Hidayati, S.Ag.

Untuk itu, Shofyan berpesan kepada pelajar yang ada di Lampung agar menekuni bidang apa pun yang disukai sehingga bisa berprestasi. Sementara Kepala MTsN 1,mengatakan, akan terus mengoptimalkan potensi siswa dengan agar makin banyak yang berprestasi. (ysn/c3/tru)
Bravo Pramuka RIMBA

1 komentar: